Rabu, 11 Januari 2012

CONTOH RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah             :
Mata Pelajaran          : Sosiologi
Kelas/semester           :  X/ 2

Standar Kompetensi  : 2 .    Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan                                              kepribadian.
Kompetensi Dasar              :  2.2. . Mendeskripsikan terjadikanya perilaku menyimpang dan                        sikap-sikap anti sosial.
Indikator Pencapaian Kompetensi:
  1. Mengidentifkasikan terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi  yang tidak sempurna.
  2. Mengklasifikasi jenis-jenis perilaku menyimpang
  3. Mengidentifikasikan sifat dan macam perilaku menyimpang.
  4. Memberikan opini tentang berbagai perilaku menyimpang dalam masyarakat


Alokasi Waktu      :  6  x 40 menit ( 4 x  Pertemuan)

A.  Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
  • mendeskripsikan pengertian perilaku menyimpang.
  • mengidentifikasi bentuk-bentuk dan contoh perilaku menyimpang dalam masyarakat.
  • mengidentifikasi terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak sempurna.
“  Karakter siswa yang diharapkan  : 
  • Toleransi, Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.
“  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
  • Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
B.  Materi Pembelajaran
  • Konformitas
  • Perilaku Menyimpang
  • Hubungan Antara Perilaku Menyimpang dan Sosialisasi yang tidak Sempurna
  • Sifat dan Macam Perilaku Menyimpang

C.  Metode Pembelajaran
  • informasi
  • kerja mandiri
  • eksplorasi
  • diskusi

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  • Mendeskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial.
  • Secara individu mengungkapkan kembali hasil pengamatan yang didapat di masyarakat sekitar.
  • Secara bergantian melaporkan terjadinya perilaku menyimpang sesuai dengan hasil temuan di kliping korang/internet.
  • Secara kelompok mendiskusikan jenis-jenis perilaku menyimpang.
  • Secara berkelompok menyimpulkan solusi yang tepat untuk menanggulangi terjadinya perilaku menyimpang.
  • Siswa dapat Mengidentifkasikan terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi  yang tidak sempurna.
  • Siswa dapat Mengklasifikasi jenis-jenis perilaku menyimpang
  • Siswa dapat Mengidentifikasikan sifat dan macam perilaku menyimpang.
  • Siswa dapat Memberikan opini tentang berbagai perilaku menyimpang dalam masyarakat

D. Langkah-Langkah Pembelajaran
  1. 1.         Pertemuan I
No.
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Ket.
1.
Pendahuluan
  1. a.   Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran.  Kemudian guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sosialisasi.
  1. b.  Memotivasi
Guru menjelaskan perilaku menyimpang sebagai akibat dari sosialisasi yang tidak sempurna.
10 Menit

2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
“  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang konformitas dan perilaku menyimpang. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
“  Siswa membaca sendiri materi yang sudah dijelaskan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
“  Siswa mendiskusian faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku menyimpang dalam masyarakat. Misalnya, prostitusi dan lain sebagainya. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
“  Siswa membacakan hasil diskusi di depan kelas. Guru menjadi pemandu diskusi secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
“  Siswa mengerjakan tugas secara mandiri tentang uji penguasaan materi dalam buku halaman 120 dan 126. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
“  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
“  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
60 Menit

3.
Kegiatan Akhir
  1. Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang korfomitas dan perilaku menyimpang. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  1. Penilaian
Guru memberi penilaian hasil diskusi kelompok dan hasil kerja mandiri. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  1. Penugasan
Guru memberi tugas untuk membuat kliping tentang berbagai prilaku menyimpang dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

10 Menit


  1. 2.         Pertemuan II
No.
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Ket.
1.
Pendahuluan
  1. a.   Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran, misalnya, absensi, pengumpulan tugas, dan mempersiapkan kelas.
Kemudian guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sosialisasi.
  1. b.  Memotivasi
Guru menjelaskan tujuan mempelajari hubungan antara perilaku menyimpang dan sosialisasi yang tidak sempurna.
10  Menit

2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
“  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hubungan antara perilaku menyimpang dan sosialisasi yang tidak sempurna dan sifat dan macam prilaku menyimpang. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
“  Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 128.
“  Siswa mengumpulkan tugasnya kepada guru untuk dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
“  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus perilaku menyimpang yang terjadi dalam keluarga yang baik-baik dan taat beragama. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
“  Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan siswa yang lain menanggapinya. Dalam diskusi ini, guru berperan sebagai moderator atau pemandu diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
“  Siswa mengumpulkan hasil diskusi kepada guru untuk dinilai.
“  Guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi kelompok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
“  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
“  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

60  Menit

3.
Kegiatan Akhir
  1. Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang hubungan antara
perilaku menyimpang dan sosialisasi yang tidak sempurna. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  1. Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap tugas secara pribadi dan tugas
kelompok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  1. Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat poster atau stiker
tentang tidak lagi melakukan perilaku menyimpang. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

10 Menit


  1. 3.         Pertemuan III.

No.
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Ket.
1.
Pendahuluan
  1. a.    Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk ulangan blok.
  1. b.   Memotivasi
Guru menjelaskan tujuan melakukan ulangan blok.
5 Menit

2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
“  Siswa mendapatkan lembar soal yang dibagikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
“  Siswa mengerjakan soal yang telah diberikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
“  Siswa mengumpulkan hasil kerja yang telah diselesaikan untuk dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
“  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
“  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

60 Menit

3.
Kegiatan Akhir
  1. Refleksi
Siswa dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  1. Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil pekerjaan siswa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  1. Penugasan
Guru memberi tugas untuk mempelajari pengendalian sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

15 Menit




E.  Sumber pembelajaran:
  • Buku Sosiologi SMA kelas 1 ESIS  halaman 118-138
  • Perilaku Menyimpang dalam masyarakat
  • Peraturan perundang-undangan
  • Keluarga, masyarakat, dan sekolah.
  • Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.

F.  Media
  1. Papan tulis
  2. Lembar soal
  3. Transparan Konsep
  4. Power Point
  5. OHP

G. Penilaian
  • Mengerjakan latihan Uji Penguasaan Materi halaman 120, 126, 128, dan 133.  ( Jumlah nilai dari setiap uji penguasaan materi digabung lalu dibagi 4)
  • Unjuk kerja siswa, dalam buku Sosiologi Esis, halaman 133.
Contoh format penilain tugas!

No
Nama Siswa
Kesesuaian materi dengan Tugas
Ide dan tulisan
Kerapian/
penampilan
Jumlah Nilai
1





2





dst.






  1. Penilaian diskusi

No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai
Presentasi
Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat
Kerja sama














LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6














Aspek yang dinilai:
  • Kemampuan menyampaikan pendapat.
  • Kemampuan memberikan argumentasi.
  • Kemampuan memberikan kritik.
  • Kemampuan mengajukan pertanyaan.
  • Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
  • Kelancaran berbicara.

Penskoran:                                        Jumlah skor:
A. Tidak Baik            Skor 1                    24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik         Skor 2                    18—23 = Baik
C. Cukup Baik           Skor 3                    12—17 = Cukup
D. Baik                   Skor 4                    6—11 = Kurang
E. Sangat Baik                    Skor 5

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
Nama Siswa
Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst








Keterangan:                                                                Rentang skor : 1—3
  • Aktivitas dalam kelompok                       2—15           = Sangat baik
  • Tanggung jawab individu                         9—11            = Baik
  • Pemikiran                                             6—8             = Cukup
  • Keberanian berpendapat                         3—5             = Kurang
  • Keberanian tampil

  • Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 49-52

  • Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 136-138



Mengetahui,
Kepala






, Juli 2011
Guru Mapel Sosiologi






1 komentar: