RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
sekolah :
Mata
Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : X/ 2
Standar
Kompetensi : 2 . Menerapkan nilai dan norma dalam proses
pengembangan
kepribadian.
Kompetensi
Dasar
: 2.2. . Mendeskripsikan terjadikanya perilaku menyimpang dan
sikap-sikap anti sosial.
Indikator
Pencapaian Kompetensi:
- Mengidentifkasikan
terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak
sempurna.
- Mengklasifikasi
jenis-jenis perilaku menyimpang
- Mengidentifikasikan
sifat dan macam perilaku menyimpang.
- Memberikan opini tentang
berbagai perilaku menyimpang dalam masyarakat
Alokasi
Waktu : 6 x 40 menit ( 4 x
Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah
proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
- mendeskripsikan
pengertian perilaku menyimpang.
- mengidentifikasi
bentuk-bentuk dan contoh perilaku menyimpang dalam masyarakat.
- mengidentifikasi
terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak
sempurna.
Karakter siswa yang diharapkan :
- Toleransi, Disiplin, Demokratis, Rasa
Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai,
Peduli social, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
- Kepemimpinan, Percaya
diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
B. Materi Pembelajaran
- Konformitas
- Perilaku Menyimpang
- Hubungan Antara Perilaku
Menyimpang dan Sosialisasi yang tidak Sempurna
- Sifat dan Macam Perilaku
Menyimpang
C. Metode Pembelajaran
- informasi
- kerja mandiri
- eksplorasi
- diskusi
Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
|
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
- 1.
Pertemuan I
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Ket.
|
1.
|
Pendahuluan
Guru
mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian guru mengingatkan
siswa tentang pelajaran sosialisasi.
Guru
menjelaskan perilaku menyimpang sebagai akibat dari sosialisasi yang tidak
sempurna.
|
10 Menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang konformitas dan perilaku
menyimpang. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis,
Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta
Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa membaca sendiri materi yang sudah dijelaskan oleh guru. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
Siswa mendiskusian faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku menyimpang
dalam masyarakat. Misalnya, prostitusi dan lain sebagainya. (nilai yang
ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
Siswa membacakan hasil diskusi di depan kelas. Guru menjadi pemandu diskusi
secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa mengerjakan tugas secara mandiri tentang uji penguasaan materi dalam
buku halaman 120 dan 126. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat
kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung
Jawab.);
|
60 Menit
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Siswa
dan guru membuat rangkuman tentang korfomitas dan perilaku menyimpang. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
Guru
memberi penilaian hasil diskusi kelompok dan hasil kerja mandiri. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
Guru
memberi tugas untuk membuat kliping tentang berbagai prilaku menyimpang dalam
masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
10 Menit
|
|
- 2.
Pertemuan
II
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Ket.
|
1.
|
Pendahuluan
Guru
mempersiapkan kelas untuk pembelajaran, misalnya, absensi, pengumpulan tugas,
dan mempersiapkan kelas.
Kemudian
guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sosialisasi.
Guru
menjelaskan tujuan mempelajari hubungan antara perilaku menyimpang dan
sosialisasi yang tidak sempurna.
|
10 Menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hubungan antara perilaku
menyimpang dan sosialisasi yang tidak sempurna dan sifat dan macam prilaku
menyimpang. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 128.
Siswa mengumpulkan tugasnya kepada guru untuk dinilai. (nilai yang
ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus perilaku
menyimpang yang terjadi dalam keluarga yang baik-baik dan taat beragama. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan siswa yang lain
menanggapinya. Dalam diskusi ini, guru berperan sebagai moderator atau
pemandu diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa mengumpulkan hasil diskusi kepada guru untuk dinilai.
Guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi kelompok. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat
kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung
Jawab.);
|
60 Menit
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Siswa
dan guru membuat rangkuman bersama tentang hubungan antara
perilaku
menyimpang dan sosialisasi yang tidak sempurna. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Guru
memberi penilaian terhadap tugas secara pribadi dan tugas
kelompok.
(nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa
Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai,
Peduli social, Tanggung Jawab.);
Guru
memberi tugas kepada siswa untuk membuat poster atau stiker
tentang
tidak lagi melakukan perilaku menyimpang. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
10 Menit
|
|
- 3.
Pertemuan III.
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Ket.
|
1.
|
Pendahuluan
Guru
mempersiapkan kelas untuk ulangan blok.
Guru
menjelaskan tujuan melakukan ulangan blok.
|
5 Menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Siswa mendapatkan lembar soal yang dibagikan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
Siswa mengerjakan soal yang telah diberikan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
Siswa mengumpulkan hasil kerja yang telah diselesaikan untuk dinilai. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat
kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung
Jawab.);
|
60 Menit
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Siswa
dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
Guru
memberi penilaian terhadap hasil pekerjaan siswa. (nilai yang
ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
Guru
memberi tugas untuk mempelajari pengendalian sosial. (nilai yang
ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
Tanggung Jawab.);
|
15 Menit
|
|
E. Sumber pembelajaran:
- Buku Sosiologi SMA kelas
1 ESIS halaman 118-138
- Perilaku Menyimpang
dalam masyarakat
- Peraturan
perundang-undangan
- Keluarga, masyarakat,
dan sekolah.
- Media massa seperti
majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
- Papan tulis
- Lembar soal
- Transparan Konsep
- Power Point
- OHP
G. Penilaian
- Mengerjakan latihan Uji
Penguasaan Materi halaman 120, 126, 128, dan 133. ( Jumlah nilai
dari setiap uji penguasaan materi digabung lalu dibagi 4)
- Unjuk kerja siswa, dalam
buku Sosiologi Esis, halaman 133.
Contoh
format penilain tugas!
No
|
Nama Siswa
|
Kesesuaian materi dengan Tugas
|
Ide dan tulisan
|
Kerapian/
penampilan
|
Jumlah Nilai
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
dst.
|
|
|
|
|
|
- Penilaian diskusi
No.
|
Nama
|
ASPEK PENILAIAN
|
Total nilai
|
Presentasi
|
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan mengemukakan
pendapat
|
Kerja sama
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LEMBAR
OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor/ Jumlah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek
yang dinilai:
- Kemampuan menyampaikan
pendapat.
- Kemampuan memberikan
argumentasi.
- Kemampuan memberikan
kritik.
- Kemampuan mengajukan
pertanyaan.
- Kemampuan menggunakan
bahasa yang baik.
- Kelancaran berbicara.
Penskoran:
Jumlah skor:
A.
Tidak Baik Skor
1
24—30 = Sangat Baik
B.
Kurang Baik Skor
2
18—23 = Baik
C.
Cukup Baik Skor
3
12—17 = Cukup
D.
Baik
Skor
4
6—11 = Kurang
E.
Sangat Baik
Skor 5
FORMAT
PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria Penilaian
|
Jumlah Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Rentang skor : 1—3
- Aktivitas dalam
kelompok
2—15 = Sangat baik
- Tanggung jawab
individu
9—11 =
Baik
- Pemikiran
6—8
= Cukup
- Keberanian
berpendapat
3—5
= Kurang
- Keberanian tampil
- Test pilihan ganda dan
uraian dalam buku halaman 49-52
- Test pilihan ganda dan
uraian dalam buku halaman 136-138
Mengetahui,
Kepala
|
|
, Juli 2011
Guru
Mapel Sosiologi
|
silabusnya mana kak ?
BalasHapus