RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
sekolah             :
Mata
Pelajaran          : Sosiologi
Kelas/semester           :  X/ 2
Standar
Kompetensi  : 2 .    Menerapkan nilai dan norma dalam proses
pengembangan
                         
                  
kepribadian.
Kompetensi
Dasar             
:  2.2. . Mendeskripsikan terjadikanya perilaku menyimpang dan
                  
    sikap-sikap anti sosial.
Indikator
Pencapaian Kompetensi:
- Mengidentifkasikan
     terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi  yang tidak
     sempurna.
- Mengklasifikasi
     jenis-jenis perilaku menyimpang
- Mengidentifikasikan
     sifat dan macam perilaku menyimpang.
- Memberikan opini tentang
     berbagai perilaku menyimpang dalam masyarakat
Alokasi
Waktu      :  6  x 40 menit ( 4 x 
Pertemuan)
A.  Tujuan Pembelajaran
Setelah
proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
- mendeskripsikan
     pengertian perilaku menyimpang.
- mengidentifikasi
     bentuk-bentuk dan contoh perilaku menyimpang dalam masyarakat.
- mengidentifikasi
     terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak
     sempurna.
 
Karakter siswa yang diharapkan  :  
- Toleransi, Disiplin, Demokratis, Rasa
     Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai,
     Peduli social, Tanggung Jawab.
 
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   :  
- Kepemimpinan, Percaya
     diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet. 
B.  Materi Pembelajaran
- Konformitas
- Perilaku Menyimpang
- Hubungan Antara Perilaku
     Menyimpang dan Sosialisasi yang tidak Sempurna
- Sifat dan Macam Perilaku
     Menyimpang
C.  Metode Pembelajaran
- informasi
- kerja mandiri
- eksplorasi
- diskusi
Strategi
Pembelajaran 
| 
Tatap Muka | 
Terstruktur | 
Mandiri | 
| 
 | 
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
- 1.        
     Pertemuan I
| 
No. | 
Kegiatan
  Pembelajaran | 
Alokasi Waktu | 
Ket. | 
| 
1. | 
Pendahuluan 
 
Guru
  mempersiapkan kelas untuk pembelajaran.  Kemudian guru mengingatkan
  siswa tentang pelajaran sosialisasi. 
 
Guru
  menjelaskan perilaku menyimpang sebagai akibat dari sosialisasi yang tidak
  sempurna. | 
10 Menit |  | 
| 
2. | 
Kegiatan Inti 
Eksplorasi 
Dalam
  kegiatan eksplorasi, guru: 
 
  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang konformitas dan perilaku
  menyimpang. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis,
  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta
  Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); 
 
  Siswa membaca sendiri materi yang sudah dijelaskan oleh guru. (nilai
  yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
  Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
  Tanggung Jawab.); 
Elaborasi 
Dalam
  kegiatan elaborasi, guru: 
 
  Siswa mendiskusian faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku menyimpang
  dalam masyarakat. Misalnya, prostitusi dan lain sebagainya. (nilai yang
  ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
  Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
  Tanggung Jawab.); 
 
  Siswa membacakan hasil diskusi di depan kelas. Guru menjadi pemandu diskusi
  secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,
  Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
  Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); 
 
  Siswa mengerjakan tugas secara mandiri tentang uji penguasaan materi dalam
  buku halaman 120 dan 126. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,
  Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
  Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); 
Konfirmasi 
Dalam
  kegiatan konfirmasi, Siswa: 
 
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang
  ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat
  kebangsaan, Bersahabat,); 
 
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
  ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung
  Jawab.); | 
60 Menit |  | 
| 
3. | 
Kegiatan Akhir 
 
Siswa
  dan guru membuat rangkuman tentang korfomitas dan perilaku menyimpang. (nilai
  yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
  Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
  Tanggung Jawab.); 
 
Guru
  memberi penilaian hasil diskusi kelompok dan hasil kerja mandiri. (nilai
  yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
  Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
  Tanggung Jawab.); 
 
Guru
  memberi tugas untuk membuat kliping tentang berbagai prilaku menyimpang dalam
  masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,
  Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
  Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | 
10 Menit |  | 
- 2.        
     Pertemuan
     II
| 
No. | 
Kegiatan
  Pembelajaran | 
Alokasi Waktu | 
Ket. | 
| 
1. | 
Pendahuluan 
 
Guru
  mempersiapkan kelas untuk pembelajaran, misalnya, absensi, pengumpulan tugas,
  dan mempersiapkan kelas. 
Kemudian
  guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sosialisasi. 
 
Guru
  menjelaskan tujuan mempelajari hubungan antara perilaku menyimpang dan
  sosialisasi yang tidak sempurna. | 
10  Menit |  | 
| 
2. | 
Kegiatan Inti 
Eksplorasi 
Dalam
  kegiatan eksplorasi, guru: 
 
  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hubungan antara perilaku
  menyimpang dan sosialisasi yang tidak sempurna dan sifat dan macam prilaku
  menyimpang. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,
  Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
  Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); 
Elaborasi 
Dalam
  kegiatan elaborasi, guru: 
 
  Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 128. 
 
  Siswa mengumpulkan tugasnya kepada guru untuk dinilai. (nilai yang
  ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
  Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
  Tanggung Jawab.); 
 
  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus perilaku
  menyimpang yang terjadi dalam keluarga yang baik-baik dan taat beragama. (nilai
  yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
  Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
  Tanggung Jawab.); 
 
  Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan siswa yang lain
  menanggapinya. Dalam diskusi ini, guru berperan sebagai moderator atau
  pemandu diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin,
  Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
  Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); 
 
  Siswa mengumpulkan hasil diskusi kepada guru untuk dinilai. 
 
  Guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi kelompok. (nilai yang ditanamkan:
  Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
  Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); 
Konfirmasi 
Dalam
  kegiatan konfirmasi, Siswa: 
 
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang
  ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat
  kebangsaan, Bersahabat,); 
 
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
  ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung
  Jawab.); | 
60  Menit |  | 
| 
3. | 
Kegiatan Akhir 
 
Siswa
  dan guru membuat rangkuman bersama tentang hubungan antara 
perilaku
  menyimpang dan sosialisasi yang tidak sempurna. (nilai yang ditanamkan:
  Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
  Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); 
 
Guru
  memberi penilaian terhadap tugas secara pribadi dan tugas 
kelompok.
  (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa
  Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai,
  Peduli social, Tanggung Jawab.); 
 
Guru
  memberi tugas kepada siswa untuk membuat poster atau stiker 
tentang
  tidak lagi melakukan perilaku menyimpang. (nilai yang ditanamkan:
  Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
  Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); | 
10 Menit |  | 
- 3.        
     Pertemuan III.
| 
No. | 
Kegiatan
  Pembelajaran | 
Alokasi Waktu | 
Ket. | 
| 
1. | 
Pendahuluan 
 
Guru
  mempersiapkan kelas untuk ulangan blok. 
 
Guru
  menjelaskan tujuan melakukan ulangan blok. | 
5 Menit |  | 
| 
2. | 
Kegiatan Inti 
Eksplorasi 
Dalam
  kegiatan eksplorasi, guru: 
 
  Siswa mendapatkan lembar soal yang dibagikan oleh guru. (nilai yang
  ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
  Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
  Tanggung Jawab.); 
Elaborasi 
Dalam
  kegiatan elaborasi, guru: 
 
  Siswa mengerjakan soal yang telah diberikan oleh guru. (nilai yang
  ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
  Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
  Tanggung Jawab.); 
 
  Siswa mengumpulkan hasil kerja yang telah diselesaikan untuk dinilai. (nilai
  yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
  Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
  Tanggung Jawab.); 
Konfirmasi 
Dalam
  kegiatan konfirmasi, Siswa: 
 
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang
  ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat
  kebangsaan, Bersahabat,); 
 
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
  ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung
  Jawab.); | 
60 Menit |  | 
| 
3. | 
Kegiatan Akhir 
 
Siswa
  dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa. (nilai
  yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
  Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
  Tanggung Jawab.); 
 
Guru
  memberi penilaian terhadap hasil pekerjaan siswa. (nilai yang
  ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
  Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
  Tanggung Jawab.); 
 
Guru
  memberi tugas untuk mempelajari pengendalian sosial. (nilai yang
  ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu,
  Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social,
  Tanggung Jawab.); | 
15 Menit |  | 
E.  Sumber pembelajaran:
- Buku Sosiologi SMA kelas
     1 ESIS  halaman 118-138
- Perilaku Menyimpang
     dalam masyarakat
- Peraturan
     perundang-undangan
- Keluarga, masyarakat,
     dan sekolah.
- Media massa seperti
     majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F.  Media
- Papan tulis
- Lembar soal
- Transparan Konsep
- Power Point
- OHP
G. Penilaian
- Mengerjakan latihan Uji
     Penguasaan Materi halaman 120, 126, 128, dan 133.  ( Jumlah nilai
     dari setiap uji penguasaan materi digabung lalu dibagi 4)
- Unjuk kerja siswa, dalam
     buku Sosiologi Esis, halaman 133.
Contoh
format penilain tugas!
| 
No | 
Nama Siswa | 
Kesesuaian materi dengan Tugas | 
Ide dan tulisan | 
Kerapian/ 
penampilan | 
Jumlah Nilai | 
| 
1 |  |  |  |  |  | 
| 
2 |  |  |  |  |  | 
| 
dst. |  |  |  |  |  | 
- Penilaian diskusi
| 
No. | 
Nama | 
ASPEK PENILAIAN | 
Total nilai | 
Presentasi | ||||
| 
Sikap | 
Keaktifan | 
Wawasan | 
Kemampuan mengemukakan
  pendapat | 
Kerja sama | ||||
|  |  |  |  |  |  |  |  |  | 
LEMBAR
OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
| 
No | 
Nama Siswa | 
Aspek yang Dinilai | 
Skor/ Jumlah | |||||
| 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 | 
6 | |||
|  |  |  |  |  |  |  |  |  | 
Aspek
yang dinilai:
- Kemampuan menyampaikan
     pendapat.
- Kemampuan memberikan
     argumentasi.
- Kemampuan memberikan
     kritik.
- Kemampuan mengajukan
     pertanyaan.
- Kemampuan menggunakan
     bahasa yang baik.
- Kelancaran berbicara.
Penskoran:                                       
Jumlah skor:
A.
Tidak Baik            Skor
1                   
24—30 = Sangat Baik
B.
Kurang Baik         Skor
2                   
18—23 = Baik
C.
Cukup Baik           Skor
3                   
12—17 = Cukup
D.
Baik                  
Skor
4                   
6—11 = Kurang
E.
Sangat Baik         
          Skor 5
FORMAT
PENILAIAN PROSES DISKUSI
| 
No | 
Nama Siswa | 
Kriteria Penilaian | 
Jumlah Skor | ||||
| 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 | |||
| 
1 |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
2 |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
dst |  |  |  |  |  |  |  | 
Keterangan:
                                                              
Rentang skor : 1—3
- Aktivitas dalam
     kelompok                      
     2—15           = Sangat baik
- Tanggung jawab
     individu                        
     9—11            =
     Baik
- Pemikiran                                            
     6—8            
     = Cukup
- Keberanian
     berpendapat                        
     3—5            
     = Kurang
- Keberanian tampil
- Test pilihan ganda dan
     uraian dalam buku halaman 49-52
- Test pilihan ganda dan
     uraian dalam buku halaman 136-138
| 
Mengetahui, 
Kepala |  | 
, Juli 2011 
Guru
  Mapel Sosiologi | 

 
silabusnya mana kak ?
BalasHapus